Konsep Healing Garden Rumah Sakit, Oase Penyegaran untuk Pasien dan Pengunjung

Rumah sakit identik dengan suasana yang dingin dan penuh tekanan. Bagi pasien, rumah sakit bisa menjadi tempat yang penuh kekhawatiran dan kecemasan. Bagi pengunjung, rumah sakit bisa menjadi tempat yang penuh kepedulian dan kekhawatiran. Di tengah suasana yang penuh tekanan ini, taman lanskap rumah sakit, atau yang dikenal dengan Healing Garden, hadir sebagai oase penyegaran bagi pasien dan pengunjung. Taman ini bukan hanya sekedar taman biasa, tetapi dirancang khusus untuk memberikan efek positif bagi kesehatan mental dan fisik para penggunanya.

Manfaat Healing Garden di Rumah Sakit:

a)Menurunkan stres dan kecemasan: Keindahan alam dan suara gemericik air di taman dapat membantu menurunkan stres dan kecemasan pada pasien dan pengunjung.
b)Meningkatkan mood dan kebahagiaan: Berada di taman dapat meningkatkan mood dan kebahagiaan, serta membantu pasien untuk lebih cepat pulih.
c)Meningkatkan kualitas tidur: Udara segar dan suasana tenang di taman dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pasien.
d) Meningkatkan interaksi sosial: Taman dapat menjadi tempat interaksi sosial bagi pasien dan pengunjung, yang dapat membantu mereka untuk merasa lebih terhubung dengan orang lain.
e) Meningkatkan citra rumah sakit: Kehadiran Healing Garden dapat meningkatkan citra rumah sakit sebagai tempat yang peduli dengan pasien dan pengunjungnya.

Desain Healing Garden yang Efektif:
a)Gunakan elemen alam: Taman harus memiliki banyak elemen alam seperti tanaman, bunga, pohon, air, dan batu.
b)Buatlah suasana yang tenang: Taman harus memiliki suasana yang tenang dan bebas dari kebisingan.
c)Sediakan tempat duduk yang nyaman: Taman harus menyediakan tempat duduk yang nyaman bagi pasien dan pengunjung untuk bersantai dan menikmati suasana taman.
d)Tambahkan elemen seni: Taman dapat dipercantik dengan penambahan elemen seni seperti patung, air mancur, dan mural.
e)Pastikan taman mudah diakses: Taman harus mudah diakses oleh pasien dan pengunjung, termasuk bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik.

Healing Garden di Indonesia:
Konsep Healing Garden mulai diterapkan di beberapa rumah sakit di Indonesia. Salah satu contohnya adalah Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) yang memiliki Healing Garden yang indah dan asri. Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam ikan, gazebo, dan taman bermain anak.

Kesimpulan:

Healing Garden di rumah sakit dapat memberikan banyak manfaat bagi pasien dan pengunjung. Dengan desain yang tepat, Healing Garden dapat menjadi oase penyegaran yang membantu mereka untuk merasa lebih tenang, bahagia, dan sehat.

Add new comment

CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
2 + 1 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.